Friday, November 6, 2009

Guest Lecture

Pagi ini dapet SMS kalo hari ini ternyata gk ada kuliah, adanya kuliah umum yang mendatangkan Lecturer dari luar kampus. Kegiatan ini merupakan program kampus yg diwajibkan diikuti oleh mahasiswa mahasiswi. Walaupun kadang males tapi seru jg mendengar pengalaman para Lecturer yg dah sukses-sukses.

Hanny Soema Dipraja, seorang manger atau director di PT Masima yg merupakan perusahaan industri radio swasta, salah satu produk radio yg suksesnya adalah prambors. Guest Lecture (GL) kali ini bersangkutan dengan matkul Sales Management jadi beliau menjelaskan bagaimana cara "jual diri" (dalam tanda kutip ya). Semua pengalaman yg diceritakan benar-benar membuat pendengar fokus pada presentasi, mungkin ini juga efek krn beliau pernah jd penyiar radio di Prambors thn 80-an. Dari mulai cerita jenjang karier beliau yg dari nol hingga akhirnya sekarang menempati jabatannya dan mendapat kesuksesan di industri radio. Selain itu sekarang beliau memiliki bisnis kain sebagai sampingan dan tabungan masa depan jika suatu saat nanti masa aktifnya sudah habis.

Cerita yg paling diingat adalah cerita saat beliau menjadi seorans sales di industri radio tsb. Beliau harus berusaha dapet klien utk memsang iklannya di radio tsb krn hanya lewat iklan-iklan tsb industri radio tsb bisa hidup. Saat itu beliau belum memiliki nama seperti saat ini, krn networking seorang ayahnya maka beliau mulai mencari calon-calon klien. Kegagalan yg sampai sekarang tak bisa hilang diingatannya adalah saat beliau bertemu tmn ayahnya yang menjabat sbg marketing manager. arena keyakinanya membuatnya gagal saat itu, bukan penawaran atau penjualan tapi perdebatan yg terjadi dgn calon klien tsb. Mungkin memang salah segmentasi yg dimaksud oleh beliau.

Kegagalan itu adalah tantangan untuk beliau hingga saat ini beliau merindukan kegagalanya. Mungkin sangat jarang sekali saat ini bertemu kegagalannya krn brand yg sudah berdiri lama, paling pertama dan sangat kuat dikalangan masyarakat Indonesia.

Hari ini dapet byk pelajaran yg bisa ditangkep dari mulai cara "jual diri" sejak lahir, rencana kedepan, kiat-kiat bertahan dalam kondisi apapun, membuat nyata sebuah mimpi hingga pengalaman-pengalaman yg sangat banyak sangat penting.

-Si Jeyek_Na2 yg smnagadh mencari pengalaman-

@ home 6 November 2009, 17:00


No comments:

Post a Comment

Sobat berikanlah sepenggal katamu pada postingan sampah ini ^__^