Wednesday, February 10, 2010

Menganalisa sebuah 'SABAR'


Terinspirasi dari sebuah status YM mas Eyang Djoko 
beli 'sabar' di toko mana ya?
Kalimat yang membuat otak ini berputar, knp kata-kata itu bisa terucap dari mulut beliau. Beliau yang memang sudah berpengalaman tentang kehidupan saja masih butuh banyak 'sabar' sedangkan aku yg kata banyak orang disebut baru lahir kemarin, sudah selalu mengeluh dengan kata 'sabar'. Sebenarnya dua hal tersulit dalam hidup ini adalah ikhlas dan sabar, ini menurutku. Tingkat 'sabar' mungkin ada hubungannya dengan tingkat 'emosi'. Sabar adalah menahan diri dari berputus asa, meredam amarah jiwa, mencegah lisan untuk mengeluh, serta menahan anggota badan untuk berbuat kemungkaran. Sabar merupakan akhlaq mulia yang muncul dari dalam jiwa, dapat mencegah perbuatan yang tidak baik. Sabar adalah kekuatan jiwa yang dengannya akan tegak dan baik segala perkara. 

Hingga detik inipun, aku masih butuh 'sabar', seperti yang dikatakan maz eyang djoko
beli 'sabar' ditoko mana ya?
kata-kata lain yang terukir diotakku,
rumus 'sabar' seperti apa ya? sesulit rumus fisika kah yang membuat aku belajar hingga larut pagi saat duduk dibangku SMA?
resep 'sabar' gimana ya? sesulit seorang koki kah menciptakan menu baru demi menciptakan ciri khas?
reproduksi 'sabar' gimana ya? sesulit seorang dokter kah yang meneliti saat menemukan makhluk hidup baru?
zat 'sabar' terbuat dari apa ya? sesulit seorang apoteker kah saat meracik obat sesuai dengan zat-zat yang dibutuhkan penyakit?
password 'sabar' apa ya? sesulit seorang hacker kah saat ingin menjebol password orang lain?
koneksi 'sabar' gimana ya? sesulit seorang engineer kah saat menyelesaikan problem dengan koneksi yang dibuatnya?
Tapi ternyata aku masih butuh banyak 'sabar' untuk hari yang akan datang, yang akan aku jalani dengan penuh semangat. Karena aku percaya keajaiban 'sabar', mungkin saja saat ini aku hanya butuh cara untuk meraih tingkat kesabaran tanpa batas.

-na yang butuh segala cara untuk tetap 'sabar'-
@ home 100210, 12:00

31 comments:

  1. kalo ada rumus sabar, aku akan menjadi orang pertama yang akan mempraktekkannya
    :p

    ReplyDelete
  2. hahahaha....
    mari k', kita tanya sama albert einstein. Aku juga lagi butuh rumusnya untuk menyelesaikan ujian ini :)

    ReplyDelete
  3. Sabar kan nama salah satu sahabat aku ka'.. :P *dijitak ka'naicana*
    hahahaha..

    Aku juga mau ikutan nyari rumus sabar ahh...
    susah banget buat sabar disgala hal.. :D

    ReplyDelete
  4. @ maz dwi-arif: setuju maz ^-^
    @ ieyaz: aku gigit bukan dijitak :p
    ayo dunkz k, kita cari rumusnya...
    atw cari d bisa beli dimna ? :p

    ReplyDelete
  5. SABAR, berasal dari kata SA+BAR yang artinya aku juga belum ketemu heheh

    ReplyDelete
  6. @ richo: kwakkaakkak... ktawa aku baca komenmu

    ReplyDelete
  7. hehe,,ngomong2 soal sabar,,sabar ada batasnya ga ya???
    mbak,,tukeran link boleh??

    ReplyDelete
  8. kalau ada toko yang jualan kesabaran, bakal kuborong seisinya!

    ReplyDelete
  9. saya juga masih belajar untuk terus bersabar

    ReplyDelete
  10. "Sabar adalah menahan diri dari berputus asa"

    that is the imporant thing!

    gud2

    ReplyDelete
  11. sabar itu adalah keharusan, yang akan membawa kita kepada kebahagiaan

    sabar membuat kita terus istiqomah menjalani kehidupan, ia juga memaksa kita untuk terus belajar, untuk terus berjuang, untuk terus mengejar cita-cita kita.

    komen baliknya di tunggu lhoo

    http://jemput-rizki.blogspot.com
    http://alloh-only.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Sabar adalah suatu anugerah, kita dapat sabar bila kita selalu sadar akan hal2 yang menimpa kita berupa musibah.

    Salam kenal mbak NA...

    ReplyDelete
  13. @ serba gratis: siip apanya k' :p

    @ ocy: menurutku tak ada batasnya kalo kita selalu bersyukur. Boleh kq tukeran link, aq link skg ya.

    @ nuansa pena: ayo maz cari tokonya biar kita sama2 borong isi tokonya.hehehhee

    @ Anyin: tetep smangadh belajar y k' :)

    @ Muhamad Rosyid Jazuli: yes, that's the important thing. But i need a way to do it.

    @ Rizqon Hasanah: wah makasih ya maz komenmu membuat beberapa alasan lagi untuk tetep 'sabar'. Lumayan menambah pil-pil 'sabar'. AKu dah mampir dan komen di blog mu.

    @ latifah hizboel: iy mba, maksih ya sudah membuat aku banyak berpikir lagi untuk bersyukur atas nikmatNYA.

    @ all: makasih sudah mampir dan komen, janagan bosen2 mampir ya. Salam kenal semuanya :)

    ReplyDelete
  14. salah satu bukti kesabaran neh..... ngetok pintu dari tadi ga di bukain2

    ReplyDelete
  15. Sabar...sesuatu yang sgt membosankan & tak disukai, namun sabar ini adl kunci utama utk mewujudkan sesuatu yg berkualitas (lbh dr yg diharapkan)...salam..kunjung balik ya..

    ReplyDelete
  16. sabar itu bukan terpaksa mba...
    masih inget gk kata2 orang tua jaman baheula yg bilang " orang sabar itu disayang Tuhan" rasanya jarang terdengar lagi ya...hehe

    nice post

    ReplyDelete
  17. Kata-kata sabar banyak makna didalam nya,
    mari kita belajar menjadi lebih sabar

    ReplyDelete
  18. @ richo: sabar ya maz walaupun harus menunggu dibukain sampe besok :p
    daripada manjat lewat jendela atu congkel pintu dapur, nanti disangka maling.hehehehe

    @ lilah: iy mba sabar adalh kunci dari pintu semua masalah.
    saya sudah berkunjung balik y mba.

    @ riki rachman permana: iy maz bukan tpaksa tp kita harus bisa memaksakan diri kita untuk 'sabar'.hehehehe
    aku masih mendengar mamah ngoceh gitu maz.

    @ abeng-beng: klo dijabarkan semua maknanya mungkin gk akn cukup ya maz diblog, kayaknya bisa jadi beberapa part.hehehehe


    @ all: mksh atas kunjungannya dan komennya. Jangan bosen-bosen mampir ya. Salam kenal semua.

    ReplyDelete
  19. saat ini..kata 'sabar' itu sulit untukku..

    ReplyDelete
  20. @ syifa: memang amat sangat sulit yang namanya 'sabar' k' tapi coba berpikir makna dari 'sabar'. Mudah-mudah bisa y k'. Keep spirit :)

    ReplyDelete
  21. tetanggaku ada yg namanya sabar...
    wekekkek...
    lam kenal mbak...

    ReplyDelete
  22. @ dmar: senyum selalu kali maz biar ciri khas indonesianya gk hilan (tetep ramah) :p

    @ fai_cong: coba tanya dengan tetanggamu, bagaimana rumusnya? :p

    @ kakve_santi: salah hangat juga ya

    ReplyDelete
  23. aku juga susah banget dapet rasa sabar itu
    *sigh*

    ReplyDelete
  24. Kalau dah ketemu dg rumusnya... jangan lupa kasih tahu aku juga ya mbak....

    ReplyDelete
  25. @ clara: sangat amat sulit k'
    @ reni: aku nyerah mencari rumusnya, mari kita cari bersama k' :)

    ReplyDelete
  26. Mba, Nai ada sesuatu dariku diambil ya diblog cinta hakiki, makasih.

    ReplyDelete
  27. Kalo aku taunya pak Sabar.... hehehehe
    Kalo sabar bisa dirumuskan, aku mau ikutan belajar...

    ReplyDelete

Sobat berikanlah sepenggal katamu pada postingan sampah ini ^__^