Wednesday, April 7, 2010

Niat

Beberapa rencana akan berhasil ketika dari awal dimulai dengan "Niat"
Semua perlakuan dan kejadian apakah berawal dengan "Niat"?
Entahlah hanya kalian yang tahu tapi yang aku tahu "Niat" itu harus dari hati yang terdalam dan tulus.

Ada dua cerita yang akan aku share diposting ini setelah berbincang dengan dua laki-laki yang membuat aku semakin berpikir keras untuk menjalani segalanya dengan niat.
Pertama, dia sesorang yang aku kenal bisa dibilang "good man". Entah dari mana aku bisa menyimpulkannya, mungkin aku hanya melihat dari luar saja dan dari apa yang aku ketahui tentangnya. Laki-laki ini berumur sekitar 24 tahun, sebut saja "D". Sudah lulus kuliah dan bekerja mungkin cukup mapan untuk seumurannya. "D" memiliki seorang pujaan hati, sebut saja "W". Mungkin "W" adalah salah satu wanita beruntung yang bisa memiliki "D" dengan segala kebaikannya. "D" dan "W" sudah menjalani hubungannya selama 7 tahun. Menurutku ini sudah sangat lama dalam sebuah hubungan dan pastinya memiliki sebuah harapan kedepannya."D" memang sudah memulai untuk ke jenjang yang lebih serius dengan "W". Dengan rencana untuk kedepan, menyicil ini itu untuk kedepannya dan memang sudah niat. Perkataan yang membuat aku berpikir "Seperti aku niat sama "W". Satu poin untuk laki-laki yang sudah memiliki kejujuran pada diri sendiri dan berusaha keras menunjukkan pada orang lain tentang keseriusan denga "W". Mungkin semua rencana belum tentu berjalan dengan semestinya tapi kalo dari awal sudah niat setidaknya peluang kemungkinan berhasil sangat besar. "D" juga bilang kalo sesuatu hubungan yang sudah diniatkan untuk ke jenjang serius pasti menjalankannya sangat tenang tanpa tergoda dengan segala godaan karena setiap akan bertindak selalu berpikir dengan niat dengan pasangannya. Pembicaraan yang sedikit menambah pengetahuan untukku, niat itu sangat penting dalam menjalani sebuah hubungan. Ketika kita mulai untuk niat serius dan rencana memiliki masa depan dengan pasangan kita maka kita akan fokus pada satu tujuan dengan kata lain tidak mencari-cari lagi.
Kedua, seorang laki-laki yang bisa aku simpulkan "Best Man". Mungkin aku hanya tahu sedikit tentang dalamnya tapi pembicaraan itu membuat aku bisa menyimpulkan seperti itu. Laki-laki berusia sekitar 23 tahun, sebut saja "I". Baru lulus kuliah dan keterima PNS. "I" memiliki pujaan hati, sebut saja "E". Lagi-lagi aku berkata, mungkin "E" adalah wanita yang beruntung bisa memiliki "I". Awalnya "I" meminta tolong untuk menanyakan sesuatu ke kakaknya tapi belum berani tanya langsung. Sebisa mungkin aku menolongnya karena memang aku tidak bisa melakukan hal lain untuknya. "I" memang sangat serius menjalani hubungan dengan "E". Juni tahun ini genap tiga mereka menjalani hubungan dan rencana tahun ini mau menikah. Sebenernya "I" niat menikah pada tahun 2012 tapi akhirnya semakin maju menjadi 2010 karena sudah nazar. Perkataan yang membuat aku berpikir "Aku sudah niat sama "E" dari dua tahun yang lalu". Bayangkan mereka yang baru pacaran satu tahun saja sudah bisa merencanakan segalanya dan mereka juga sudah menjalankan niat tersebut. Jujur aku takjub ketika "I" berniat membawakan uang bawaan dua puluh juta, sudah memiliki mas kawin sebesar 10gr atau 20 gr, dan mereka sudah punya tabungan bersama sebanyak sepuluh juta. Padahal "I" baru saja lulus dan belum bekerja sedangkan "E" baru lulus tahun kemarin. Tapi mereka memang niat untuk meeujudkan impian mereka. Pembicaraan yang lagi-lagi menambah pengetahuan saya, niat itu akan sangat kuat untuk mewujudkan sesuatu tapi sambil dijalankan walaupun menyicil. Ketika niat itu ada maka cepat jalankan niat tersebut dengan perlahan-lahan agar terlihat usahanya. Umur tak lagi menunjukkan kedewasaan seseorang tetapi kita tetap haru menghargai orang yang umurnya leih tua dari kita.
Itu dua cerita yang membuat aku bangga pada mereka. Sedikit pembicaraan tapi berati banget untukku berubah menjadi lebih baik lagi. Semoga saja niat mereka akan berhasil dengan sempurna. Keyakinan terhadapa sebuah niat yang mereka pegang hingga detik ini.



Akhirnya ku menemukan jawaban
Rencana akan meiliki peluang besar berhasil ketika dari awal dimulai dengan "Niat"
Semua perlakuan dan kejadian harus berawal dengan "Niat"
- na yang akan lebih komit pada niat-
@ home 7 April 2010, 08:45

14 comments:

  1. suka sama postingan yg ini. memang segala sesuatu klo tidak dibarengin dengan niat pasti akan sia2. mau wudhu/sholat it jg harus pake niat klo enggak ya gak sah donk hehe betul gak..

    Rasullah SAW : “Hanya sesungguhnya amalan-amalan itu sah dengan niat, dan sesungguhnya bagi seseorang itu sahnya (apa yang diniatkan)”

    ReplyDelete
  2. betul banget ka.. semua harus diawali dengan niat dan tentunya niat yang baikk.. :D

    ReplyDelete
  3. jadi bukan dari berapa lama hubungan itu berlangsung tetapi serius apa enggak ya melanjutkannya?

    ReplyDelete
  4. @ andi and rista: yupz benar. Maksih ya :)

    @ macan kampus: maksih maz. Bener gk sah klo gk niat y :)

    @ ieyaz: maksih k'. Mulai skg pake nawaitu y :p

    @ sang cerpenis: bener k', bagaimana proses keseriusan itu :)

    ReplyDelete
  5. iyalah.. dibarengi sama do'a juga tentu saja

    ReplyDelete
  6. Segala sesuatu ini memang harus diawali dengan niat yang sunguh2, tapi niat aja nggak cukup, kita mesti berusaha dan berdoa. hasil akhir? itu hanya Tuhan yang tahu gimana, but apapun itu sesuatu yg diawali dg niat baik, tentunya hasilnya juga akan sama baiknya :D

    ReplyDelete
  7. @ anyin: pasti k' niat khan dah doa :)

    @ desfirawita: pasti doa dong k' biar niatnya tetep baik :)

    @ dwi-arf: NIAT tersenyum utk semua :)

    ReplyDelete
  8. Postingan mantap. inspiratif.
    Salam

    ReplyDelete
  9. saya niatkan untuk menulis komentar disini, semoga niatan ini berimas dengan kunjungan balik darimu sob..

    anw, thanks sudah sharing.. :)

    ReplyDelete
  10. niat dan niat... satu lagi sobat..
    setulus hati

    ReplyDelete
  11. salam kenal....emmmm niat sih boleh tapi jangan lupa workhard untuk mewujudkanya yah aq juga insya allah gitu amin hehehe

    ReplyDelete
  12. @ ALris: makasih k' :)

    @ BrenciA KerenS: maksih ya niatnya sudah dijlankan dengan baik :p
    sama2 mksh juga sdh mampir dan komeng :)

    @ riz: yupz benar k' tulus hati dan ikhlas :)

    @ Aditya's Blogsphere: salm kenal jg k'. Pasti k' niat dengan kerja keras tapi klo gk niat khan gk akan ada yg namanya kerja keras :)
    Amien... aku doakan y k'

    ReplyDelete

Sobat berikanlah sepenggal katamu pada postingan sampah ini ^__^