Thursday, September 16, 2010

Ramadhanku, Ramadhanmu, dan Ramadhan kita

Ramadhan (ejaan KBBI: Ramadan) adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Al-Quran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Al-Quran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. Kekhususan bulan Ramadhan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya:


"bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..." (sumber: wikipedia)

Sebelum masuk bulan Ramadhan, berdoa agar bulan ini lebih baik dari tahu sebelumnya. Dan Selama Ramadhan sungguh banyak kegiatan yang dilakukan dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan semoga kedepannya akan selalu menjadi lebih baik. Pengalaman yg mungkin akan menjadi kebiasaan untuk nantinya, ramadhan kali ini dilewati dengan hari-hari kegiatan magang disalah satu perusahaan swasta di Jalan Sudirman. Dari mulai bangun sahur, mandi, makan sahur, salat subuh, siap berangkat ngantor, mengerahkan tenaga dan otak dikantor, perjalanan pulang yg macet, buka puasa, teraweh sampai kembali menutup mata. Biasanya bisa tidur sekitar 8-10 jam tapi kegiatan ini membuat mata terlelap hanya 6 jam. Kebayang sangat kagetnya tubuh ini sampai harus kedokter dan direkomendasikan untuk cek darah juga rontgen.

Tapi hari-hari itu terlewati dengan sangat indah walaupun lelah tapi tetap terasa sangat cepat waktu berputar. Mungkin karena hampir 90% hari-hari di Ramadahan ini dilaksanakan bareng-bareng sama kamu. Selama Ramadhan kali ini 75% kita sahur bareng juga buka puasa bareng. Sangat wajar kalau rasa lelah tidak terasa, terima kasih untuk kamu yg selalu bersedia berangkat dan pulang bareng karena mengurangi tenaga untuk mengendarai Bee. Selain itu juga terima kasih untuk kamu yang selalu bersedia membelikan makan untuk sahur juga buka puasa untukku dan keluarga karena memang terkadang tidak ada makanan. Dan terima kasih banyak atas waktu, tenaga, hati serta materi yang kamu korbankan selama Ramadhan ini.

Banyak pelajaran yang bisa diambil selama Ramadhan kita ini, dari mulai berlatih sabar dan ikhlas untuk segala hal sampai pembelajaran rutinitas hidup. Aku yang sangat bersyukur bisa melalui hari 2x24 jam bersama kamu di weekend, dengan melayanimu tulus dan ikhlas. Di hari-hari biasa dari mulai membangunkanmu sahur, menyiapkan hidangan sahur untukmu, menyiapkan handuk untuk mandi, menyiapkan kemeja serta menggosoknya, dan sampai menyiapkan perlengkapan tidurmu. Sedikit banyak aku belajar menjadi seorang wanita yg sebenarnya, tetap berkarir tanpa meninggalkan kewajiban dasar dirinya.

-na yg berharap ramadhan selanjutnya bisa lebih baik-
@kantor

No comments:

Post a Comment

Sobat berikanlah sepenggal katamu pada postingan sampah ini ^__^