Wednesday, June 8, 2011

Fighting

Tulisan ini dedikasi untuk alm Apih yang tenang di Surga
Semoga ini membuatmu tersenyum

4 tahun silam (2007),
Session 1
Apih : Mau kuliah dimana na? Jurusan apa? 
Me : Nana mau kedokteran pih, dimana aja
Mamah : Yakin kamu?
Me : Gak yakin sih mah.
Saat itu memang ingin sekali menjadi dokter karena kondisi Apih yang memang sudah drop mendorong untuk bisa menyembuhkan orang-orang yang sakit.
Session 2
Apih : Na mau ikut ujian mandiri gak? 
Me : Mahal pih, kan sumbangannya yang diliat
Apih : Coba aja dulu ya
Akhirnya mencoba ikut UM UNPAD dan UNSOED dengan ambil sumbangan terendah. Mungkin itu dia yang membuat gak lolos.
Session 3
Apih : Na gak coba sekolah kedinasan?
Me : Gak yakin lolos pih
Apih : Coba aja dulu ya. Kemarin hasil try out STSN kan bagus.
STIS dan STAN tanpa harapan sedikitpun untuk lolos. Tapi di STSN sangat diperjuangkan karena terlihat antusiasnya Apih untuk menyekolahkan kan aku disana. Tahap 1 lolos, Tahap 2 lolos dan saat Tahap 3 gak lolos. Rasanya kecewa karena mungkin mengecewakan Apih, mungkin karena bohong waktu berangkat Test Tahap 3 jadi gak di ridhoi.
Session 4
Apih : Telkom mau ikut na?
Me : Coba PMDK ya pih, nanti kalo gak lolos bisa ikut test 
Ternyata PMDK gak lolos jadi ikut test ujian
Me : Pih, harus tulis sumbangan neyh
Apih : Yaudah tulis aja terserah atau terendah aja
Me : Lebihin dikit ya pih biar lolos
Apih : Gak usah na
Akhirnya cm lolos D3 di STT Telkom, coba aja lebihin dikit pasti lolos tuh S1nya. Tapi Apih gak setuju jauh-jauh kuliah di Bandung cuma D3. 
Session 5
Me : Pih ada test beasiswa untuk kampus baru BAKRIE, ikut gak ya?
Apih : Yaudah coba aja na, mau ambil jurusan apa?
Me : Cuma ada Management sama Akuntansi pih, bagus mana?
Apih : Kamu kuat dimana? Hitungan atau yang lain?
Me : Management aja ya pih
Perjanjian kalo dapet beasiswa, tabungan untuk kuliah jadi milik saya. Hasilnya adalah Regular namun masih masuk cadangan beasiswa. 
Session 6
Apih : Jadi mau kuliah dimana na?
Me : Nana mau coba Polman, STT PLN sama Kebidanan ya pih
Polman jurusan TPHP lolos, STT PLN jurusan TI lolos, Kebidanan lolos. Saat itu Apih sudah terbaring di rumah sakit karena anval dikantor. Segala keputusan yang aku ambil kedepannya adalah akan menjadi masa depanku. Keputusan bulat untuk ambil STT PLN karena POLMAN cuma D3 dan Kebidanan udah orientasi sehari yerus diincer, ketika mau bayar untuk daftar ulang ternyata ada penawaran untuk ambil beasiswa BAKRIE.
Me : Mah gimana nih? Ambil STT PLN atau BAKRIE?
Mamah : Kamu maunya dimana? Terserah aja, tapi ambil yang terbaik ya
Me : Aku dimana aja mah, yang menurut mamah dan apih baik
Mamah : Apih lagi kayak gini, gak akan bisa kasih solusi. Udah ambil yang gratis aja jd sisa tabungannya buat sehari-hari makan dirumah ya selama Apih masih di Rumah Sakit. Selain itu menjaga karena kesehatan Apih yang makin drop.
Me : Oke mah , aku ambil BAKRIE.
Sesuatu yang tidak pernah aku pikirkan untuk berbelok ke jurusan IPS, tapi semua ini aku lakukan demi mereka kebanggaanku. Sebuah perjanjian beasiswa yang diwakili oleh tante, dengan perjanjian IPK minimal 3,00 untuk tetap beasiswa.

Tahun 2011
Dan hari ini berpikir untuk melihat hasil perjuangan untuk sampai hari ini :
Dear Apih,
Alhamdulillah ini hasil nana bertahan untuk bisa tetap mendapat beasiswa. Walaupun IP merasakan fluktuatif tapi ini yang bisa nana perjuangkan sampai hari ini. Ternyata suasana hati sangat mempengaruhi IP nana, mungkin karena nana yang semakin dewasa jadi mulai mempengaruhi.Semoga nana tetep bisa jadi anak yang membanggakan untuk Apih dan Mamah. Sekarang nana lagi susun skripsi pih, semoga lancar dan cepet selesai ya soalnya sampai memaksa diri untuk resign. Sesuai pesan apih kalo mau menikah harus selesaikan pendidikan dahulu. Berharap nana bisa lulus tahun ini dengan IP yang tetap bagus dan bisa segera mencapai harapan mamah untuk menikah dengan lelaki pilihan kalian.
Love, Miss, Kiss n Hug
Your lovely daughter "Nana"

-na yang kangen kumismu-
@ home 8 Jun 2011, 16:50

2 comments:

  1. saya cuma bisa ikut mendoakan..
    tetap semangat ya..

    ReplyDelete
  2. A Ra-kun: thanks ya doanya, thanks jg sudah mampir digubuk ini

    ReplyDelete

Sobat berikanlah sepenggal katamu pada postingan sampah ini ^__^